Microsoft Excel

Kata Kak Devin minggu lalu, saya disuruh cerita tentang hal baru yang saya dapatkan dari kelas responsi Pengenalan Komputer. Minggu lalu, tanpa bermaksud berbangga diri, saya sudah pernah dapat semua materinya saat di masa persekolahaan dulu

Mulai dari pengoperasian formula dasar seperti penjumlahan, rata-rata, nilai maksimum, nilai minimum, dan operasi perkalian. Mincorosft excel kan perangkat lunak pengolah angka, jadi memang dipakai untuk mengolah data-data yang sebagian besar berkonten angka-angka.

Selain operasi dasar hitung, saya kembali mengulang materi formulasi bersyarat dengan menggunakan “if”. Yang ini memang sudah rada-rada lupa. Tapi alhamdulillah kembali ingat karena pertemuan minggu lalu. Fungsi “if” ini sangat membantu saya dalam mengerjakan tugas kepanitiaan seperti mengolah data peserta seminar yang berbeda-beda kategori sehingga ada perbedaan harga tiketnya. Dengan menggunakan formula kondisional ini, semuanya jadi sangat mudah.

Setelah itu, saya juga kembali mengulang materi tentang hlookup. Kalau untuk materi ini, saya belum pernah benar-benar mengaplikasikannya. Mungkin suatu saat saya akan sering menggunakannya saat saya sudah punya restoran dan mulai mengolah data penjualan harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan restoran saya.

Wah, hampir UTS! Semoga sukses!

Afi Wiyono

Leave a Reply

