Monthly Archives: September 2014

Penkom 4: Super Sekali

Jadi, kenapa saya kasih judul “Super Sekali”?

Iya, karena pada pertemuan minggu lalu saya merasa mendapat banyak ilmu baru. Sebenarnya sederhana sih, saya bukan diajari cara membajak akun-akun instansi pemerintahan. Saya diajari cara mengetik di aplikasi pengolah kata, Iya, mungkin memang saya yang agak norak. Tapi, saya benar-benar baru tahu trik (sebenarnya juga bukan trik) untuk membuat tulisan macam proposal, skripsi, dan sebagainya yang membutuhkan kerangka tulisan.

Kerangka tulisan ini nantinya bisa terlihat secara garis besar lewat daftar isi. Iya, saya belajar cara buat daftar isi dengan menggunakan fitur headings. Sebenarnya saya udah sering lihat tulisan heading, tapi karena nggak inisiatif untuk mengutak-atik, ya alhasil baru tahu fungsinya minggu lalu.

Terima kasih ya, Penkom.

Jadi ada beberapa headings yang semakin besar angkanya, akan menjadi sub dari angka sebelumnya. Jadi, contohnya heading 1 untuk penulisan “Pendahuluan”, heading 2 untuk “Latar Belakang”. Secara otomatis, saat dibuat table of content alias daftar isi, heading-heading itu akan tersusun dengan sendirinya. Nanti otomatis ada halamannya juga. Superkeren.

Selain itu saya juga belajar tentang meil merge. Kalau yang ini udah pernah lah yaa di SMA dulu.

Oke, sekian!

Penkom 3: Sedikit tentang Android

Management file and directory pada ponsel android saya dapat ditemukan pada menu utama. Lalu, cari ikon berwarna kuning yang bertuliskan file manager. Di dalam file manager akan terdapat pilihan folder-folder yang berisi file-file yang sudah tersusun sesuai dengan penyimpanan yang kita lakukan.

Secara garis besar, akan ada dua tempat penyimpanan, yaitu internal storage dan external storage. File yang disimpan dalam internal storage akan disimpan di memori internal atau langsung di ponsel. Biasanya semua file yang diunduh akan disimpan di dalam memori internal secara default. External storage atau penyimpanan eksternal adalah media penyimpanan di luar dari memori internal. Android saya menggunakan penyimpanan eksternal berbasis miniSD card.

Kompresi files memungkinkan ukuran files menjadi kecil. Pada komputer, biasanya digunakan fasilitas berbasis .rar atau .zip. Pada android saya, tidak ditemukan fasilitas kompresi files. Bahkan tidak dapat pula membuka file dengan ekstensi .rar

Fasilitas utilitas pada ponsel android saya bermacam-macam. Beberapa contohnya adalah contacts, battery management, back-up account, dan automatic restore. Masih banyak lagi fasilitas utilitas yang memang sudah merupakan factory default maupun yang perlu diunduh terlebih dahulu melalui google play.

Sekian!

Talking About Race in the Classroom

Shed Some Light

photo

Yesterday, I wrote about my plan to discuss race and specifically Michael Brown and Ferguson in my classroom today.

We began with a “think, pair, share” activity. I asked the students why it’s uncomfortable to talk about race. Their answers:

  • “Political correctness makes us feel like we’re walking on eggshells.”
  • “Someone might take offense when no offense was intended.”
  • “It’s awkward to talk about race with or around different races.”
  • “There is still a lot of anger about slavery.”

I then asked them what color they see when they hear or read the word “race.” The students who called out answered “black.” I asked them if they think of white people as having a race. One white student shared that she doesn’t think of herself as being part of a race until she really thinks about it. White, for many of my students, represents the absence of race.

I shared…

View original post 1,625 more words

Control Panel

Katanya, ada hal-hal yang sering kita lupakan keberadaannya, tapi bakal kerasa berarti saat hal itu udah nggak ada. Iya, kayak control panel. Nggak nyambung sih ya. Yaudah langsung ke materi. HAHAHA.

Responsi Penkom ke-2:

Penkom1

Nah, sesuai judulnya dan sesuai ilustrasi di atas, saya mau sedikit berbagi mengenai Control Panel. Kalau secara definitif, control panel merupakan default folder yang berisi fasilitas-fasilitas untuk mengatur fungsi-fungsi pada komputer kita, seperti program aplikasi, hardware (perangkat keras), koneksi jaringan, pengaturan tampilan Windows, dan sebagainya.

Penkom2

Pada pertemuan pekan lalu, saya dijelaskan serba-serbi tentang pengaturan hardware and sound. Bisa tolong dicek di masing-masing komputer lah ya. Secara singkat, Hardware and Sound berisi:

Berisi semua alat-alat yang akan digunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, mengkonfigurasi AutoPlay, dan update driver. Kategorinya adalah:

  • Devices and Printers = Untuk mengkonfigurasi hardware atau printer yang terditeksi pada komputer.
  • Sound = Untuk mengatur pensuaraan dan hardware yang digunakan pada PC.
  • Display = Untuk mengatur resolusi layar komputer, mengatur pengcahayaan, dll.

Coba digoogling sendiri dan dicoba sendiri sebenernya ada apa aja di Devices and Printers. Nah yang menurut saya menarik dari pertemuan pekan lalu adalah adanya fitur-fitur yang sangat memudahkan bagi setiap insan. Windows ternyata memang mendesain fiturnya untuk siapa pun. Muda mudi hingga tua renta juga yang right handed maupun left handed.

Hal ini terbukti dari salah satu fitur pengaturan mouse

Penkom1Pengaturan ini ada di control panel juga. Untuk mengetahui pengaruh pengaturan tiap-tiap section bisa langsung dicoba sendiri ya.

Selain belajar tentang devices beserta pengaturannya, saya juga dijelaskan tentang appearances. Termasuk screen resolution dan sebagainya.

Saya rasa, saya nggak perlu menjelaskan secara panjang lebar karena sekarang udah ada banyak sumber untuk belajar. Jangan lupa gunain search engine semaksimal mungkin. Cari aja pelajaran sesuka hati. Jadi, dicukupkan saja lah ya pelajaran control panel.

Maafkan ketidakjelasan ini.

Afi

Teruntuk Tugas Penkom

Halo, selamat berbahasa Indonesia!

Setelah beberapa postingan saya hanya reblog, sekarang saya mau tulis postingan sendiri. Iya, sesuai judulnya sih ya, “Teruntuk Tugas Penkom”.

Sebenarnya blog ini, khusus saya buat untuk reblog artikel yang saya suka, Entah itu tentang pelajaran atau memang hanya artikel populer. Selain itu saya memang berniat mengasah kemampuan berbahasa inggris saya yang nggak bisa dibilang up to par. Jadi, maaf sekali kalau saya terdengar sok suka pakai bahasa Inggris. Maaf juga untuk grammar failure dan semacamnya.  Namanya juga belajar.

Hoiya, tugas pertama itu disuruh cerita tentang pertemuan pertama Penkom. Enak sih, fun learning gitulah. Kakak aspraknya gaul, suka curhat terselubung kadang-kadang. Suasana belajarnya mengasyikkan. Ilmunya juga sampe.

Ohiya, saya sebenernya udah punya blog dari kelas 8 SMP. Dari alay sampe nyadar kalau alay banget. Kayak kata Kak Devin, remaja kalau punya blog isinya curhat-curhat gitu. Gajelas isinya. Tapi boleh juga dikunjungi>> NIH!

Ngomongin apa lagi dong, bingung sekali. Saya sembari makan indomie goreng nih pagi-pagi jadi nggak fokus. Ya sudahlah, begini saja.

Te amo!